Monday, June 29, 2015

Analisa Emas


Emas Melakukan Aksi Sebelum Yunani...

Emas Melakukan Aksi Sebelum Yunani...
Harga elektronik emas yang dibuka dalam beberapa menit pertama perdagangan di Sydney, Australia, melonjak cukup tajam. Drama yang terjadi di Yunani telah mendorong harga emas bergerak lebih tinggi. Aksi potong suku bunga di negara tirai bambu telah membuat pembatasan pada penarikan dan transfer uang, deposito dan rasio cadangan kas oleh China pada akhir pekan.
Situasi Memanas
Pada akhir pekan, parlemen Yunani menyetujui langkah yang diajukan oleh Perdana Menteri Alexis Tsipras untuk melakukan referendum nasional untuk menentukan nasib negosiasi bailout pada 5 Juli.
Menurut beberapa laporan, Bank dan bursa Yunani diperkirakan akan tutup selama seminggu untuk mengikuti rekomendasi dari Dewan Stabilitas Keuangan Eropa.
Langkah itu muncul hanya beberapa jam setelah Bank Sentral Eropa membekukan Bantuan Likuiditas Darurat (ELA) yang seharusnya untuk mendukung bank-bank negara Eropa yang disepakati pada tanggal 26 Juni.
"Dewan Pengurus sedang memantau situasi di pasar keuangan dan implikasi potensial untuk kebijakan moneter dan keseimbangan risiko terhadap stabilitas harga di kawasan Eropa," kata ECB dalam sebuah pernyataan. "Dewan Pengurus bertekad untuk menggunakan semua instrumen yang tersedia dalam mandatnya."
Bank Sentral Cina Cut
Bank Rakyat China kembali memangkas suku bunga menjadi 4,85% dan suku bunga deposito menjadi 2% pada hari Minggu. PBOC juga mengumumkan bahwa mereka akan memotong rasio persyaratan cadangan (RRR) sebesar 50 basis poin untuk bank umum agar dapat melayani daerah pedesaan, pertanian dan usaha kecil.
PBOC kini telah memangkas suku bunga empat kali sejak November dan tahun ini juga mengurangi jumlah kas cadangan bank sebanyak tiga kali, serta menggunakan langkah-langkah lain untuk menyuntikkan likuiditas ke pasar.

No comments:

Post a Comment